Al-Qur’an adalah sumber agama Islam. Kitab suci itu, menempati posisi
sentral, bukan saja dalam perkembangan dan pengembangan ilmu-ilmu
ke-Islahm, tetapi juga merupakan inspirator, pemandu dan pemandu
gerakan-gerakan umat Islam sepanjang 14 abad sejarah pergerakan umat
ini.[1]
Dan pemahaman terhadap ayat al-Qur’an melalui
penafsiran, mempunyai peranan yang sangat besar bagi maju mundurnya
umat. sekaligus, penafsiran-penafsiran itu dapat mencerminkan
perkembangan serta corak pemikiran mereka. Dan dalam Ulumul Qur’an,
tafsir yang bernuansa sufistik sering dikategorikan sebagai tafsir
esoterik.
Dalam kitab Tâj Al-Muslimîn dan al-Iklîl corak sufistik itu banyak terlihat misalnya dalam ayat,
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
Ayat ini ditafsirkan sebagai berikut:
“Suwijine
peryataan sangkeng wongkang moco dewekne bakal urip nganggu garis
ibadah marang Allah lan ora biso ibadah yen ora ono pitulung sangkeng
Allah. Dadi yen wus rampung ibadah, ojo ngaku-ngaku biso nglakoni ibadah
utowo mbanggak-mbanggaake ibadah.”[2]
Lakoni sholat iku
aweh tarbiyah, tegese dudukan yen wong Islam iku biso urib nganggu moto
luru yaiku moto syari’at lan moto hakikot. Ono ing Al-qur’an kadawuhake
“Sopo-sopo wongkang ono ing sakjeroni urip ing dunyo iku wuto moto
atini, wong iku besok desok ono ing akhirati temtu luweh sasar dalane.
Yen wong ora seneng urib nganggu mripat siji, semunu ugo yen mlaku
nganggu agomo Islam ora bagus umpomo nganggu syari’at tanpo hakikot
utowo gandulan hakikot tanpo syari’at.
Untuk melihat
lebih detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat
al-Fatihah, berikut penjelasan beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
1)
Pada ayat ini dibahas persoalan fiqh tentang kedudukan basmalah -dalam
shalat yang diyakini madzhab-madzhab fiqh. Madzhab Syafi’i berpendapat
bahwa basmalah bagian dari ayat al-Fatihâh sedangkan madzhab Imam
Auza’i, Malik dan Hanafi berpendapat tidak merupakan bagian dari ayat.
Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
Ucapan
basmalah miturut madzhab imam syafi’i iku siji ayat setengah sangking
ayat fatihah. Dadi sopo wonge shalat kanthi moco fatihah ora nggago
basmalah ora sah sholate....[3]
الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
2.
(Alhamdulillah) diartikan "Tidak ada yang berhak dipuji selain Allah".
Karena ditinjau dari ilmu Nahwu (tata bahasa Arab), susunan mubtada' dan
khabar yang ada pada kata (الحمد لله) memiliki qashr. Dengan demikian,
lafazh "Alhamdulillaahi' semakna dengan (لا يكون الحمد إلا لله) (Laa
yakuunul hamdu illa Lillah, tiada yang berhak memiliki pujian kecuali
Allah). "Lam" yang ada pada lafazh Lillaahi bermakna istihqaq
(memiliki). Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Ora
ono kang anduweni hak dipuji kejaba Allah. Kerono umpamane Ali dipuji
kerono ilmune utowo bagus akhlake, iku kang paring ilmu lan bagus akhlak
ora ono kejobo Allah....[4]
الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
3)
Dua kata dalam ayat ini memiliki arti yang berbeda, berkaitan dengan
rahmat Allah, lafad ar-rohman memiliki makna lebih umum, yaitu rahmat
Allah bagi semua makhlukNya di dunia, sedangkan ar-rahim memiliki makna
lebih khusus, yaitu rahmat Allah kepada kaum muslim saja. Berikut ini
tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
Rahmat ammah (umum) iki kang dadi artine arrahman, rahmat khosoh (khusus) iki kang dadi artine arrahim...[5]
مَالِكِ يَومِ الدِّيْنِ
4)
Lafad “Mâlik” artinya pangeran kang ngeratoni ono ing dino kiamat atau
Raja yang menguasai di akhirat. Ayat ini menunjukkan kebesaran dan
kekuasaan Allah atas semua makhluk di akhirat kelak. Berikut ini tafsir
beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Iki dawuh ngandung arti
supoyo kito anduweni roso wedi lan ngagungake marang Allah. Kerono ing
dino akhir ora ono makhluk kang biso guneman tanpa ijin sangking
Allah.[6]
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
5)
Kata "Na’budu" berarti kami menyembah atau kami beribadah. Yang
dimaksud dengan "ibadah" ialah melaksanakan segala perintah agama Islam
disertai dengan perasaan ta'zhim (pengagungan) kepada Allah.
Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al- Muslimîn:
Dawuh
ayat iki suwijine pernyataan sangking wong kang moco yen dewekne bakal
urip ngganggo garis ibadah marang Allah lan ora biso ibadah yen ora ono
pitulung sangking Allah. Dadi yen wis rampung ibadah ojo ngaku-ngaku
biso nglakoni ibadah utowo ambangga’ ake olehe nglakoni ibadah....[7]
Selanjutnya
beliau menukil pernyataan Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili menuturkan,
bahwa lafazh (Iyyâka na’budu) merupakan isyarat atas pelaksanaan
syari'at. Sedangkan lafazh (Wa Iyyâka nasta'iin) merupakan isyarat atas
pelaksanaan hakikat.
Setelah penjelasan tersebut, beliau membagi ibadah menjadi 3 (tiga) tingkatan:[8]
a.
Ibadah tingkat rendah : Yaitu beribadah kepada Allah dengan maksud agar
memperoleh pahala dari-Nya, agar terhindar dari siksa-Nya. Dikatakan
rendah tingkatannya, karena yang terkesan dari ibadah macam ini, pada
hakikatnya "menyembah pahala" itu sendiri, bukan "menyembah Allah".
Dalam hal ini, Allah sepertinya dijadikan sebagai sarana atau perantara
untuk menghasilkan sesuatu yang menjadi maksud tujuan orang yang
beribadah.
b. Ibadah tingkat menengah : Yaitu beribadah
dengan maksud agar bisa menjadi orang yang mulia dan terhormat, atau
agar dekat dengan Allah.
c. Ibadah tingkat tinggi: Yaitu
beribadah kepada Allah karena dilandasi oleh kesadaran terhadap
Kemahaagungan, Kemahatinggian dan Kemahabesaran Allah. Betapa Allah
sebagai Tuhan yang Maha Besar rahmat dan kekuasaanNya.
Sudah semestinya selaku seorang hamba bersimpuh kepada-Nya dan mengagung-agungkan-Nya.
الْمُسْتَقِيْم الصِّرَاطَ اهْدِناَ
6)
Lafazh (Ihdi artinya tunjukkan) diambil dari kata: (Hidayah: petunjuk).
Sedang kata hidayah itu sendiri terkadang memiliki konotasi "anugerah
petunjuk". atau berkonotasi "anugerah berupa merasa enteng dan mudah
dalam menjalankan ibadah". Di dalam ayat di atas, kedua pengertian
hidayah tersebut kita mohonkan kepada Allah.
Berikut ini tafsir beliau dalam Tâj Al-Muslimîn:
Dawuh
iki wewaruh sangking Allah taala supoyo kito kabeh nyuwun diduduhake
lan digampangake ngelakoni petunjuk-petunjuk al-Qur’an. Nanging kito
kudu ngerti yen kito nyuwun opo-opo marang Allah iku kudu mapaake awake
lahir lan batin ono ing papan panggonan wong kang patut diparingi opo
kang dadi panyuwun.
صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالِّيْنَ
7)
Dalam Tâj Al-Muslimîn disebutkan bahwa para ulama berpendapat lafazh
(الذين أنعمت عليهم) adalah surat an-Nisa’ ayat 69 yang artinya,
Dan
barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nva, mereka itu akan
bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah,
yaitu: nabi-nabi, para shiddiqiin, orang-orang yang mati syahid dan
orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS.
An-Nisa' [4]: 69)
Berikut ini redaksi kata dalam tafsir Tâj Al-Muslimîn:
Ringkese
kito umat Islam diperintahake nyuwun marang Allah taala nuduhake lan
anggampangake ngelakoni coro urip kayo coro uripe wong-wong soleh, poro
nabi lan syuhada lan wong kang temenan olehe iman tegese iman kang
dibukti’ke ono ing ucapan lan penggawean...[9]
Selanjutnya lafad (غير المغضوب عليهم) ditafsiri,
Wong
kang dibenduni yaoiku wong-wong Yahudi utowo wong kang kelakuane koyo
wong Yahudi tegese ngerti yen siji laku iku bener nanging ora gelem
nerimo kerana gumede utowo hasad (drengki). Kang dikarepake wong kang
sasar yoiku wong-wong nasrani utowo wong kang salah namune nanging
dibenerake ora gelem nerimo…[10]
Untuk melihat lebih
detail tentang penafsiran K.H Misbah Mustofa atas surat Al-Fâtihah,
berikut penjelasan beliau dalam tafsir al-Iklîl:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
1.
Hampir sama dengan tafsir Tâj Al-Muslimîn, tafsir ayat ini lebih
mengarah pada persolan fiqh. Berikut ini redaksi kalimat dalam tafsir
Al-Iklîl:
Lafad basmalah iki yen miturut madzhab Imam
Syafi’i yaiku madzhab wong Islam Indonesia kalebu ayat-ayat fatihah.
Sawongko iku umpomo ono wong sholat tanpo moco basmalah ora sah
sholate.....[11]
الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
2.
Ayat ini ditafsiri lebih luas, yaitu dengan membagi pujian menjadi
empat yaitu puji makhluk terhadap makhluk, puji makhluk terhadap Allah,
puji Allah terhadap makhluk dan puji Allah terhadap dzat-Nya sendiri.
Berikut ini redaksi kalimat dalam tafsir Al-Iklîl :
Puji iku ono papat weno yaiku:[12]
a. Puji makhluk marang makhluk.
b. Puji kawulo marang Allah.
c. Pengalem Allah marang mahluk.
d. Puji Allah marang dzate dhewe.
Selanjutnya
beliau menulis: lafadz rabbul alamin yang memiliki arti bahwa Allah
memiliki kuasa, berikut ini susunan redaksi dalam tafsir al-Iklîl:
Nuli
wedi banget marang Allah karono dzat kang kuasa iku temtu biso gawe
wong sugih dadi fakir, wong iman biso diwalik dadi kafir...[13]
الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
3.
Ayat ini oleh Misbah dianggap sebagai perangsang bagi manusia untuk
meraih rahmat dan berbakti kepada-Nya, berikut ini susunan redaksi dalam
tafsir al-Iklîl,
Iki perlu supoyo kawulo iku anggrengseng marang rahmate Allah, nuli biso gumranggah marang ngabekti Allah taala.[14]
مَالِكِ يَومِ الدِّيْنِ
4.
Ayat ini adalah penjelas atas ayat selanjutnya, bahwa kekuasaan Allah
ada di akhirat, bukan di dunia. Berikut ini susunan redaksi dalam tafsir
al-Iklîl:
Mulane ditermtuake ono ing yaumiddin (dino
kiamat), karono ono ing dunyo akeh kang podo ngrebut kedudukane Allah
dadi pengeran kabeh makhluk kayo rojo Fir’aun, rojo Namrud, lan
liya-liyane.[15]
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ
5.
Sebagaimana dalam Tâj Al-Muslimîn, ayat ini juga menafsirkan tentang
Ibadah, yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu tingkatan rendah,
tengah-tengah dan tinggi.[16]
الْمُسْتَقِيْم الصِّرَاطَ اهْدِناَ
6.
Hidayah bisa diartikan dengan nerang-nerangaken atau penerang.
Terkadang hidayah juga diartikan sebagai kemudahan dalam menjalankan
ibadah dan ketaatan kepada Allah. Dan hidayah dalam arti kedua ini hanya
dimiliki oleh Allah. Dan dalam Al-Iklîl, hidayah yang dimaksud ayat ini
adalah kedua arti tersebut. Berikut ini susunan redaksi dalam tafsir
al-Iklîl:
Hidayah kang ono ing ayat iku dikarepake netepi
loro-lorone arti, dadi nyuwun tuduhake endi-endi laku kang bener lan
nyuwun diparingi biso ngelakoni.[17]
صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَ لاَ الضَّالِّيْنَ
7.
Tafsir ayat ini hampir sama dengan Tâj Al-Muslimîn bahwa yang dimaksud
orang-orang yang diberi nikmat adalah sebagaimana surat an-Nisa’ ayat
69. Sedangkan orang dilaknat Allah adalah Yahudi, dan orang yang
tersesat adalah Nasrani.[18].
Sumber :
https://www.facebook.com/notes/hakam-ahmed-elchudrie/penafsiran-sufi-surat-al-fatihah/567681243320872