Bismillahirrohmaanirrohiim

TANGGAPAN MASALAH JIMA' DAN MANDINYA PADA HARI ATAU MALAM JUM'AT *)


بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا ومولانا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

TANGGAPAN MASALAH JIMA' DAN MANDINYA PADA HARI ATAU MALAM JUM'AT *)

Terdapat beberapa penceramah atau tulisan atau meme/photo yang menafikan masalah ini sebagai sesuatu yang Sunnah di hari Jum'at atau Malam Jum'at.

Memutlakkan jawaban dengan satu jawaban pada persoalan yang mestinya terperinci sebenarnya keliru juga.

Ma'af kalau bahasannya sedikit ngakak hehehe

Persoalan menjima' istri di hari dan malam Jum'at sebenarnya sudah menjadi pembahasan para Ulama.

Apa yang menjadi dalilnya? Adalah Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam riwayat at Tirmidzi dan SHAHIH.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

*مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ*، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

Makna:
“ *Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan membuat mandi*, pergi di awal waktu, mendapati khutbah pertama, mendekat pada imam, mendengar khutbah, serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan salat setahun.” (Shahih, H.R. at Tirmidzi no. 496)

Nah,  penjelasan hadits pada kalimat مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ , yang berarti "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan membuat mandi.." dan khususnya lafadz وَغَسَّلَ, yakni "dan membuat mandi" maka para Ulama memberi penjelasan, misalnya Imam an Nawawi dalam kitabnya Al Majmu' Syarh Al Muhadzdzab Juz 4 halaman 543 sebagai berikut:

أحدها: الجماع قاله الأزهري; قال ويقال: غسل امرأته إذا جامعها.
والثاني: غسل رأسه وثيابه.
والثالث: توضأ

Makna:
"[Berdasarkan cara baca ini, ada tiga pendapat dalam maknanya:]
(Pertama) jima' (hubungan suami istri), hal ini disampaikan oleh az-Zuhri. Beliau mengatakan “Dan dikatakan ‘membuat istri mandi wajib’, jika berhubungan intim dengan istri.
(Kedua) Membasuh kepala dan bajunya.
(Ketiga)Berwudu.” [Al-Majmu‘, 4: 543]

Bukan hanya Imam an Nawawi rahomahullah, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah memberikan makna ghassala dengan tasydid, dalam kitab Zaadul Ma'aad artinya berhubungan intim dengan istri. Beliau berkata: Makna ghassala adalah berhubungan intim dengan istrinya sesuai penafsiran Imam Ahmad dan Imam Al-Waki. Teksnya ('Ibarahnya) sebagai berikut:

قال الإمام أحمد : (غَسَّل) أي : جامع أهله ، وكذا فسَّره وكيع

Makna:
" Imam Ahmad berkata, makna ghassala adalah menyetubuhi istri. Demikian ditafsirkan pula oleh Waki’.

Tafsiran di atas disebutkan pula dalam Fathul Bari 2: 366 dan Tuhfatul Ahwadzi, 3: 3. Tentu hubungan intim tersebut mengharuskan untuk mandi junub.

Setelah jelas masalah Jima' kepada istri di hari Jum'at sesuatu yang dianjurkan.

Imam Jalaluddin as Suyuthi dalam kitabnya Tanwirul Hawalik, Syarh Kitab Al Muwaththa' Imam Malik menjelaskan:

وقال السيوطي في تنوير الحوالك: ويؤيده حديث: أيعجز أحدكم أن يجامع أهله في كل يوم جمعة، فإن له أجرين اثنين: أجر غسله، وأجر غسل امرأته. أخرجه البيهقي في شعب الإيمان من حديث أبي هريرة.

"As Suyuthi dalam Tanwirul Hawalik dan beliau menguatkan hadits tersebut berkata: Apakah kalian lemas menyetubuhi istri kalian pada setiap hari Jum’at ? Karena menyetubuhi saat itu mendapat dua pahala: (1) pahala mandi Jum’at, (2) pahala menyebabkan istri mandi (karena disetubuhi). Yaitu hadits yang dimaksud dikeluarkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman dari hadits Abu Hurairah." [lihat Tanwirul Hawalik]

Hanya saja perbedaan interpretasi masalah dilakukan di hari Jum'at sebenarnya kapan? Nah sebagian Ulama memgatakan sunnahnya jima' dilakukan pada pagi hari Jum'at karena munasabah dengan hadits pada kalimat يوم الجمعة , hari Jum'at. Yakni pada waktu pagi sebelum berangkat Jum'at 

Ada lagi yang berpendapat malam Jum'at juga termasuk di dalamnya, yaitu Sunnah karena yang dimaksud hari Jum'at di sana sehari semalam. Resiko ta'wil atas hadits at Tirmidzi sebelumnya atau pada hadits lain yang memiliki essensi yang sama.

Darimana sumber/dalilnya? Perhatikan kitab al Ghazali, yaitu Ihyaa sebagai berikut:

*ومن العلماء من استحب الجماع يوم الجمعة وليلته* تحقيقاً لأحد التأويلين من قوله صلى الله عليه وسلم: " رحم الله من غسل واغتسل الحديث

Makna:
" *Dan ada sebagian ulama yang menyukai jima' pada HARI dan MALAM JUM'AT*, sbg aplikasi dari salah satu takwil hadits; "Allah merahmati orang yang membersihkan dan mandi (pada hari jumat)". (Ihya 'Ulumiddin Juz 2 hal 324)

Bagaimana dengan beredarnya keterangan bahwa melakukan Jima' di malam Jum'at seperti berjihad dan membunuh kafir/ Yahudi? nah selama ini kami belum menemukan haditsnya, kecuali hadits dalam makna umum yaitu tidak khusus pada hari Jum'at tapi boleh kapan pun, nah baru hadits ini bermasalah bahkan Imam Al 'Iraqy menyebutnya tidak ada asalnya, (لم أجد له أصلا) walaupun tercantum dalam kitab Ihya 'Ulumiddiin karya Imam Al Ghazali 

Bunyi yang dipandang hadits sebagai berikut:

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم إن الرجل ليجامع أهله فيكتب له بجماعه أجر ولد ذكر قاتل في سبيل الله فقتل.

Makna:
"Diriwayatkan dari Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa “Sesungguhnya seorang suami yang menggauli (Jima') istrinya, maka jima'nya itu dicatat memperoleh pahala seperti pahalanya anak lelaki yang berperang (dengan Kaum Kuffar) di jalan Allah lalu terbunuh"

Walau demikian saya mau bertanya? Apakah menggauli istri ibadah atau bukan? Saya yakin jawabnya adalah ibadah.. 

NAH, semoga kita bisa menimbang isi ceramah atau tulisan dengan objektif dan mampu melakukan kecerdasan dalam Literasi.

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
والحمد لله رب العالمين
Semoga bermanfa'at! 
:))
====
اللهم سلمنا والمسلمين في كل مكان وادفع عنا البلاء والبلاء و شر مصائب الدنيا والدين 

إلهي أنت مقصودي ورضاك مطلوبي اعطني محبتك ومعرفتك

اللهم ادفع عنا الغلاء والبلاء والوباء والفحشاء وشر الأعداء والسيوف المختلفة والشدائد والبغي والمحن والفتن ما ظهر منها وما بطن من بلدنا هذا إندونيسيا ومن بلدان المسلمين عامة إنك على كل شيئ قدير 

اللّٰهُمَّ لَا يَأْتِي بِالْحَسَنَاتِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا يَدْفَعُ السَّيِّئَاتِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ 

اللهم اهدنا ونجنا من القوم الظالمين

سُبْحَانَ اللّٰهِ وَالٔحَمْدُ لِلّٰهِ وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ وَاللّٰهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنَا، وَارْزُقْنَا، وَعَافِنَا، وَاهْدِنَا

اَللّٰهُمَّ رَبَّنَاۤ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَيْكَ الْبَلَاغُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ

اللهم اسقنا من حوض نبيك محمد صلى الله عليه وسلم

اللهم اجعلنا من أمة سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم ظاهرا وباطنا

واحشرنا غدا مع زمرة الأنبياء والمرسلين، والأولياء والعلماء والصالحين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين 

اَللّٰهُمَّ أَكْرِمْ هٰذِهِ الْأُمَّةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ بِجَمِيْلِ عَوَائِدِكَ فِى الدَّارَيْنِ إِكْرَامًا لِمَنْ جَعَلْتَهُ مِنْ أُمَّتِهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّٰهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّٰهُمَّ اسْتُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّٰهُمَّ اجْبُرْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 
اَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّٰهُمَّ عَافِ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
 اَللّٰهُمَّ احْفَظْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللّٰهُمَّ ارْحَمْ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَحْمَةً عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِأُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مَغْفِرَةً عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ 
اَللّٰهُمَّ فَرِّجْ عَنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فَرَجًا عَاجِلًا يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

وصلى الله وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين 

والحمد لله رب العالمين

والعفو منكم!
 
هدانا الله وإياكم أجمعين
وهو تعالى أعلم بالصواب وإليه مرجع المآب

*) DARI BERBAGAI SUMBER [termasuk dokumen PISS KTB No. 3885]
=======
خذ ما صفا و دع ما كدر

"Ambillah yang baiknya,  buanglah yang buruknya."
===
Garut, Malam Jum'at 29 September 2022/4 Rabi'ul Awwal 1444 H
#A2zakhoel_almukhlashi
[Aas Ahmad Hulasoh] 
@@$thea
=====


.

PALING DIMINATI

Back To Top