Bismillahirrohmaanirrohiim

APAKAH SELAIN KANJENG NABI MUHAMMAD BISA ISRO' DAN MI'ROJ?

Oleh Muhsin Pemalang 


سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

"Mahasuci Allah yang menjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada waktu malam, dari masjid Haram ke masjid Aqsa yang telah Kami berkahi sekitarnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian ayat Kami. Allah sungguh Maha Mendengar lagi Maha Melihat."

(Q.S.Al Israa':1)

قال بعض الصوفية: إنما قال تعالى: بِعَبْدِهِ، ولم يقل: بنبيه: ولا برسوله ليدل على أن كل من كملت عبوديته كان له نصيب من الإسراء. غير أن الإسراء بالجسد مخصوص به- عليه الصلاة والسلام-، وأما الإسراء بالروح فيقع للأولياء على قدر تصفية الروح، وغيبتها عن هذا العالم الحسي، فتعرج أفكارهم وأرواحهم إلى ما وراء العرش، وتخوض في بحار الجبروت، وأنوار الملكوت، كلٌّ على قدر تخليته وتحليته. وإنما خص الإسراء بالليل لكونه محل فراغ المناجاة والمواصلات، ولذلك رتب بعثه مقامًا محمودًا على التهجد بالليل في هذه السورة. قاله المحشي.
[ابن عجيبة، البحر المديد في تفسير القرآن المجيد، ١٨١/٣]

Sebagian sufi berkata: Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman **بِعَبْدِهِ** (dengan hamba-Nya), dan tidak berfirman **بنبيه** (dengan nabi-Nya) atau **برسوله** (dengan rasul-Nya) untuk menunjukkan bahwa setiap orang yang kesempurnaan penghambaan dirinya telah tercapai, maka ia memiliki bagian dari peristiwa Isra’. Namun, Isra’ dengan jasad secara khusus hanya terjadi pada beliau –shallallahu ‘alayhi wa sallam–, sedangkan Isra’ dengan ruh dapat terjadi pada para wali sesuai dengan kadar pensucian ruh mereka dan keterlepasan mereka dari dunia inderawi ini. Maka, pikiran dan ruh mereka pun naik melampaui ‘Arsy, menyelami lautan keagungan (Jabarut) dan cahaya kerajaan (Malakut), masing-masing sesuai dengan tingkat penyucian (takhliyah) dan penghiasan (tahliyah) dirinya.  

Isra’ secara khusus disebutkan terjadi pada malam hari karena malam merupakan waktu luang untuk munajat dan komunikasi (dengan Allah). Oleh karena itu, dalam surah ini Allah menggantungkan pencapaian **maqām maḥmūd** (kedudukan yang terpuji) dengan kebiasaan tahajud di waktu malam.  

Demikian disebutkan oleh al-Muḥashshī (penjelas kitab).  
— **[Ibn ‘Ajībah, Al-Baḥr Al-Madīd fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-Majīd, 3/181]**.


.

PALING DIMINATI

Back To Top