Dien Saepudin
ألسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
: Bolehkah makmun kepada mantan masbuQ ?
- Dien Saepudin >>
si A masbuQ pada si B pada tahiyat akhir lalu ketika meneruskan sholat nya ada si C yang kemudian bermakmun pada si A itu ... gimana sholat nya si c apakah sah?
- Arwan Masruri Muhammad >>
Zaid menjadi makmum masbuq, ketika imam mengucapkan salam maka si Zaid berdiri guna melanjutkan rokaat berikutnya. kemudian datanglah Paijo dan bermakmum kpd Zaid.. Maka sholat jama'ah si Paijo bermakmum dgn si Zaid tersebut sah.
Bahkan dalam kasus pelaksanaan sholat berjamaah dalam sholat Jumat pun bila terjadi kasus serupa itu dihukumi sah dan Zaid cukup melaksanakan 2 rokaat saja dengan catatan cuma terlambat 1 rokaat dari imamnya... begitupun halnya si Paijo juga cukup melaksanakan 2 rokaat, dengan ketentuan pada rokaat pertama ia bermakmum kpd Zaid..
- Nur Hasyim S. Anam >>
....bahkan bila terjadi bermakum dengan cara "berpindah-pindah" juga boleh ( sah sholat berjamaahnya )
Dien Saepudin >> kalau makmun pindah2 bagaimana kaifiah nya?
- Arwan Masruri Muhammad >>>
Yang dimaksud "berpindah-pindah" itu begini ---> pada awalnya si Zaid bermakmum ke si Paijo---kemudian di tengah-tengah sholatnya itu si Zaid berpindah bermakmumnya ke Mbah Jenggot yang ada d depan Zaid juga. kasus semacam ini diperbolehkan dan sah sholat berjamaahnya tapi si Zaid ini gak dapat fadlilah jamaah, akan tetapi khusus dalam sholat Jumat tidak dperkenankan( bila dilakukan maka sholat jumatnya tidak sah ).
Dien Saepudin >>
apa benar sebagai masbuq kalau mau dapat fadilah berjamaah itu mesti tepukin dulu si calon imam dan kalau gak gitu gak dapat fadilahnya, tapi bukankah itu sifatnya mengganggu sholat seseorang?
Arwan Masruri Muhammad >>
ولا يصح قدوة بمن اعتقد بطلان صلاته)... (ولا) قدوة (بمقتد) ولو احتمالا، وإن بان إماما.وخرج بمقتد من انقطعت قدوته، كأن سلم الامام فقام مسبوق فاقتدى به آخر صحت، أو قام مسبوقون فاقتدى بعضهم ببعض صحت أيضا - على المعتمد - لكن مع الكراهة.(فتح المعين)
Arwan Masruri Muhammad >>
قوله: صحت) محل الصحة في هذه الصورة وفي الثانية التي بعدها في غير الجمعة، أما فيها فلا تصح القدوة في الصورتين عند الجمال الرملي، وفي الصورة الثانية عند ابن حجر.أما في الصورة الاولى فتصح عنده، لكن مع الكراهة، أفاده الكردي(قوله: لكن مع الكراهة) ظاهره أنه مرتبط بالصورة الثانية، وهو أيضا ظاهر عبارة شيخه في التحفة،وظاهر عبارة النهاية أنه مرتبط بالصورتين، كما نبه عليه ع ش، وعبارته: قوله لكن مع الكراهة، ظاهر في الصورتين، وعليه: فلا ثواب فيها من حيث الجماعة.وفي ابن حجر التصريح برجوعه للثانية فقط والكراهة، خروجا من خلاف من أبطلها. اهـ.(إعانة الطالبين حاشية على فتح المعين)
Arwan Masruri Muhammad >>
Kesimpulan 'Ibarot di atas :1. Makmum wajib berniat menjadi makmum, maka bila tdk berniat tersebut niscaya sholatnya tidak sah;2. Imam tidak harus berniat menjadi imam, akan tetapi bila ia tidak berniat tersebut niscaya tdk mendapat fadlilah sholat berjama'ah;3. Makmum & imam boleh niat jadi makmum atau imam di tengah2 sholat yang sedang dilakukannya;4. Makmum akan mendapat fadhlilah sholat berjamaah manakala ia berniat menjadi makmum semenjak takbirotul ihrom;5. Imam akan mendapat fadhiilah sholat berjamaah semenjak ia berniat menjadi imam walaupun niatnya dilakukan di tengah2 sholat yang sedang dilakukannya;
Mengenai makmum menepuk pundak imam? Maaf, sy blm prnah dengar keterangnnya. Mungkin itu semata agar orang yang akan kita jadikan imam itu mengetahui bahwa kita menjadikannya sebagai imam agar dia niat dan mendapat fadhlilah sholat berjama'ah.(Sumber : http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/docs/)