Makan siang di dapur pondok pesantrennya Buddha di Sewalangka bersama
Biksu Sanghasena, Founder President of Mahabodhi International
Meditation Center in India and Compassion in Action, sambil ngobrol soal
peran agamawan dlm ijtihad seputar isu-isu lingkungan hidup sprti
krisis air, ketahanan pangan, punahnya biodiversity, pemanasan global,
deforestation, juga membandingkan tasawuf Islam dgn mistisisme Buddha yg
kesimpulannya adalah bahwa konsep karuna, mudita, serta compassion
sejalan dgn rahmatan lil 'alamin dlm Islam. Meditasi juga memiliki peran
yg sama dgn khalwat dlm Islam dan topo broto dlm kebatinan Jawa. Sebagian orientalis yang pakai teori borrowing and influence (ta'tsir wa
tatsur) mengklaim islam mengadopsi. Tp saya sepakat dgn sejumlah
peneliti lain bahwa kesamaan itu disebabkan pengalaman religius global
yg sering kebetulan sama
Bersama Biksu Sandida, pemuka Buddha Myanmar, menikmati senja dan
mendiskusikan peace building di Rohingya pasca konflik. Dia menegaskan
bahwa komunitas Buddha dan Muslim semestinya hidup berdampingan krn
masing2 agama mengajarkan pengampunan. Tp semua menjadi kompleks akibat
faktor politik identitas dan etnik.