عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ احْمَرَّتْ عَيْنَاهُ وَعَلَا صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ
غَضَبُهُ حَتَّى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُولُ صَبَّحَكُمْ وَمَسَّاكُمْ
وَيَقُولُ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَيَقْرُنُ بَيْنَ
إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَيَقُولُ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ
الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الْأُمُورِ
مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ
Dari
Jabir bin Abdillah. Ia berkata, “Ketika Rasulullah Saw menyampaikan khutbah,
kedua matanya memerah, suaranya keras, marahnya kuat, seakan-akan ia seorang
pemberi peringatan pada pasukan perang, Rasulullah Saw bersabda, “Dia yang
telah menjadikan kamu hidup di waktu pagi dan petang”. Kemudian Rasulullah Saw
bersabda lagi, “Aku diutus, hari kiamat seperti ini”. Rasulullah Saw
mendekatkan dua jarinya; jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian Rasulullah Saw
berkata lagi, “Amma ba’du (adapun setelah itu), sesungguhnya
sebaik-baik cerita adalah kitab Allah (al-Qur’an). Sebaik-baik petunjuk adalah
petunjuk Muhammad. Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang dibuat-buat. Dan
tiap-tiap perkara yang dibuat-buat itu dhalalah (sesat)”. (HR. Muslim).
Hadits
Kedua:
عَنْ
الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَوَعَظَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا بَعْدَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ مَوْعِظَةً بَلِيغَةً
ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقَالَ رَجُلٌ إِنَّ
هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ
قَالَ أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدٌ
حَبَشِيٌّ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ يَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا
وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلَالَةٌ فَمَنْ أَدْرَكَ
ذَلِكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ
عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ
Dari
al-‘Irbadh bin Sariyah, ia berkata, “Rasulullah Saw suatu hari memberikan
nasihat kepada kami setelah shalat Shubuh, nasihat yang sangat menyentuh,
membuat air mata menetes dan hati bergetar. Seorang laki-laki berkata,
“Sesungguhnya ini nasihat orang yang akan pergi jauh, apa yang engkau pesankan
kepada kami wahai Rasulullah”. Rasulullah Saw menjawab, “Aku wasiatkan
kepada kamu agar bertakwa kepada Allah. Tetap mendengar dan patuh, meskipun
kamu dipimpin seorang hamba sahaya berkulit hitam. Sesungguhnya orang yang
hidup dari kamu akan melihat banyak pertikaian. Jauhilah perkara yang
dibuat-buat, sesungguhnya perkara yang dibuat-buat itu dhalalah (sesat). Siapa
yang mendapati itu dari kalian, maka hendaklah ia berpegang pada sunnahku dan
sunnah Khulafa’ Rasyidin yang mendapat hidayah. Gigitlah dengan gigi geraham”.
(HR. Abu Daud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Makna
Bid’ah.
Pendapat
Imam asy-Syathibi[1]:
طريقة
في الدين مخترعة تضاهي الشرعية يقصد بالسلوك عليها المبالغة في التعبد لله سبحانه
Suatu
cara/kebiasaan dalam agama Islam, cara yang dibuat-buat, menandingi syariat
Islam, tujuan melakukannya adalah sikap berlebihan dalam beribadah kepada Allah
Swt.
Definisi
lain,
البدعة
طريقة في الدين مخترعة تضاهي الشرعية يقصد بالسلوك عليها ما يقصد بالطريقة الشرعية
Bid’ah
adalah suatu cara/kebiasaan dalam agama Islam, cara yang dibuat-buat,
menandingi syariat Islam, tujuan melakukannya seperti tujuan melakukan cara
dalam syariat Islam[2].
Pendapat Imam al-‘Izz bin
Abdissalam[3]:
البدعة فعل ما لم يعهد في عصر رسول الله صلى
الله عليه وسلم.
Pendapat
Imam an-Nawawi:
قال أهل اللغة هي كل شيء عمل على غير مثال سابق
Para
ahli bahasa berkata, bid’ah adalah semua perbuatan yang dilakukan, tidak
pernah ada contoh sebelumnya[5].
Pendapat
al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani:
كل شيء أحدث على غير مثال يسمى بدعة سواء كان
محمودا أو مذموما
Segala
sesuatu yang dibuat-buat tanpa ada contoh sebelumnya disebut bid’ah,
apakah itu terpuji ataupun tercela[6].
Semuanya sepakat bahwa bid’ah
ada perkara yang dibuat-buat, tanpa ada contoh sebelumnya, tidak diucapkan atau
dilakukan Rasulullah Saw.
Bid’ahTidak
Bisa Dibagi. Benarkan?
Seperti
yang disebutkan para ulama di atas, semua sepakat bahwa Bid’ah adalah
apa saja yang tidak ada pada zaman Rasulullah Saw. Jika demikian maka mobil
adalah bid’ah, maka kita mesti naik onta. Tentu orang yang tidak setuju
akan mengatakan, “Mobil itu bukan ibadah, yang dimaksud Bid’ah itu
adalah masalah ibadah”. Dengan memberikan jawaban itu, sebenarnya ia sedang
membagi bid’ah kepada dua: bid’ah urusan dunia dan bid’ah
urusan ibadah. Bid’ah urusan dunia, boleh. Bid’ah dalam ibadah,
tidak boleh.
Kalau
bid’ah bisa dibagi menjadi dua; bid’ah urusan dunia danbid’ah
urusan ibadah,
mengapa
bid’ah tidak bisa dibagi kepada bid’ah terpuji dan bid’ah
tercela?!
Oleh
sebab itu para ulama membagi bid’ah kepada dua, bahkan ada yang
membaginya menjadi lima. Berikut pendapat para ulama, sebagiannya berasal dari
kalangan Salaf (tiga abad pertama Hijrah):
Pembagian
Bid’ah Menurut Imam Syafi’i (150 – 204H):
قال
الشافعي البدعة بدعتان محمودة ومذمومة فما وافق السنة فهو محمود وما خالفها فهو
مذموم
Imam Syafi’i berkata,
“Bid’ah itu terbagi dua: Bid’ah
Mahmudah (terpuji) dan Bid’ah Madzmumah (tercela).
Jika sesuai dengan Sunnah, maka
itu Bid’ah Mahmudah.
Jika bertentangan dengan Sunnah,
maka itu Bid’ah Madzmumah
Disebutkan oleh Abu Nu’aim dengan
maknanya dari jalur riwayat Ibrahim bin al-Junaid dari Imam Syafi’i[7].
Kretria
Pembagian Bid’ah Mahmudah (terpuji) dan Bid’ah Madzmumah
(tercela).
Menurut Imam
Syafi’i:
وجاء عن الشافعي
أيضا ما أخرجه البيهقي في مناقبه قال المحدثات ضربان ما أحدث يخالف كتابا أو سنة
أو أثرا أو إجماعا فهذه بدعة الضلال وما أحدث من الخير لا يخالف شيئا من ذلك فهذه
محدثة غير مذمومة
Juga
dari Imam Syafi’i, diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dalam Manaqib Imam
Syafi’i, “Bid’ah itu terbagi dua:
Perkara
yang dibuat-buat, bertentangan dengan al-Qur’an, atau Sunnah, atau Atsar,
atau Ijma’, maka itu Bid’ah Dhalal (bid’ah sesat)
Perkara
yang dibuat-buat, dari kebaikan, tidak bertentangan dengan al-Qur’an, Sunnah, Atsar
dan Ijma’, maka itu Bid’ah Ghair Madzmumah (bid’ah tidak
tercela)[8].
Kretria Pembagian Bid’ah
Menurut al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani:
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani
menyebut dua kali dengan dua istilah berbeda:
Pertama: Bid’ah Hasanah – Bid’ah
Mustaqbahah – Bid’ah Mubah.
والتحقيق أنها أن
كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي حسنة وأن كانت مما تندرج تحت مستقبح في
الشرع فهي مستقبحة
وإلا فهي من قسم المباح
Berdasarkan penelitian, jika bid’ah
itu tergolong dalam perkara yang dianggap baik menurut syariat Islam, maka itu
disebut Bid’ah Hasanah.
Jika tergolong dalam sesuatu yang
dianggap buruk menurut syariat Islam, maka itu disebut Bid’ah Mustaqbahah
(bid’ah buruk).
Jika tidak termasuk dalam kedua
kelompok ini, maka termasuk Mubah[9].
Kedua, Bid’ah Hasanah – Bid’ah
Dhalalah – Bid’ah Mubah.
فما
وافق السنة فحسن
وما
خالف فضلالة
وهو
المراد حيث وقع ذم البدعة
وما لم يوافق ولم يخالف فعلى أصل الإباحة
Jika perbuata itu sesuai dengan
Sunnah, maka itu adalah Bid’ah Hasanah.
Jika bertentangan dengan Sunnah,
maka itu adalah Bid’ah Dhalalah.
Itulah yang dimaksudkan.
Oleh sebab itu bid’ah dikecam.
Jika tidak sesuai dengan Sunnah
dan tidak pula bertentangan dengan Sunnah,
maka hukum asalnya adalah Mubah[10].
Dasar
PembagianBid’ah Menurut Imam an-Nawawi:
Hadits
yang berbunyi,
كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
“Semua
perkara yang dibuat-buat itu adalah bid’ah dan setiap yang bid’ah itu sesat”.
Hadits ini bersifat umum. Dikhususkan oleh
hadits lain yang berbunyi:
من سن في الاسلام سنة حسنة فله أجرها
“Siapa
yang membuat tradisi yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan balasan
pahalanya”.
Yang
dimaksud dengan bid’ah dhalalah dalam hadit pertama adalah:
المحدثات الباطلة والبدع المذمومة
Perkara
diada-adakan yang batil dan perkara dibuat-buat yang tercela.
Sedangkan
bid’ah itu sendiri dibagi lima: bid’ah wajib, bid’ah
mandub, bid’ah haram, bid’ah makruh dan bid’ah mubah.
Teks
lengkapnya:
( من سن في الاسلام سنة
حسنة فله أجرها ) إلى آخره
وفي
هذا الحديث تخصيص قوله صلى الله عليه و سلم كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وأن
المراد به المحدثات الباطلة والبدع المذمومة وقد سبق بيان هذا في كتاب صلاة الجمعة وذكرنا هناك أن البدع خمسة
أقسام واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة[11].
Tapi
ada hadits menyebut, “Semua bid’ah itu sesat”, apa maksudnya?
Imam
an-Nawawi menjawab,
قوله
صلى الله عليه و سلم وكل بدعة ضلالة هذا عام مخصوص والمراد غالب البدع
Sabda
Rasulullah Saw, “Semua bid’ah itu sesat”, ini kalimat yang bersifat
umum, tapi dikhususkan. Maka maknanya, “Pada umumnyabid’ah itu sesat”[12].
Bid’ah
Dibagi Lima:
Pendapat Imam al-‘Izz bin
Abdissalam:
البدعة
فعل ما لم يعهد في عصر رسول الله صلى الله عليه وسلم. وهي منقسمة إلى: بدعة واجبة،
وبدعة محرمة، وبدعة مندوبة، وبدعة مكروهة، وبدعة مباحة، والطريق في معرفة ذلك أن
تعرض البدعة على قواعد الشريعة: فإن دخلت في قواعد الإيجاب فهي واجبة، وإن دخلت في
قواعد التحريم فهي محرمة، وإن دخلت في قواعد المندوب فهي مندوبة، وإن دخلت في
قواعد المكروه فهي مكروهة، وإن دخلت في قواعد المباح فهي مباحة، وللبدع الواجبة
أمثلة.
أحدها:
الاشتغال بعلم النحو الذي يفهم به كلام الله وكلام رسوله صلى الله عليه وسلم، وذلك
واجب لأن حفظ الشريعة واجب ولا يتأتى حفظها إلا بمعرفة ذلك، وما لا يتم الواجب إلا
به فهو واجب. المثال الثاني: حفظ غريب الكتاب والسنة من اللغة. المثال الثالث:
تدوين أصول الفقه. المثال الرابع: الكلام في الجرح والتعديل لتمييز الصحيح من
السقيم، وقد دلت قواعد الشريعة على أن حفظ الشريعة فرض كفاية فيما زاد على القدر
المتعين، ولا يتأتى حفظ الشريعة إلا بما ذكرناه.
وللبدع
المحرمة أمثلة. منها: مذهب القدرية، ومنها مذهب الجبرية، ومنها مذهب المرجئة،
ومنها مذهب المجسمة، والرد على هؤلاء من البدع الواجبة.
وللبدع
المندوبة أمثلة. منها: إحداث الربط والمدارس وبناء القناطر، ومنها كل إحسان لم
يعهد في العصر الأول، ومنها: صلاة التراويح، ومنها الكلام في دقائق التصوف، ومنها
الكلام في الجدل في جمع المحافل للاستدلال على المسائل إذا قصد بذلك وجه الله
سبحانه.
وللبدع
المكروهة أمثلة. منها: زخرفة المساجد، ومنها تزويق المصاحف، وأما تلحين القرآن
بحيث تتغير ألفاظه عن الوضع العربي، فالأصح أنه من البدع المحرمة.
والبدع
المباحة أمثلة. منها: المصافحة عقيب الصبح والعصر، ومنها التوسع في اللذيذ من
المآكل والمشارب والملابس والمساكن، ولبس الطيالسة، وتوسيع الأكمام. وقد يختلف في
بعض ذلك، فيجعله بعض العلماء من البدع المكروهة، ويجعله آخرون من السنن المفعولة
على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم فما بعده، وذلك كالاستعاذة في الصلاة
والبسملة.
Bid’ah adalah perbuatan yang tidak
pernah dilakukan pada masa Rasulullah Saw.
Bid’ah terbagi kepada: wajib, haram, mandub (anjuran),
makruh dan mubah.
Cara untuk mengetahuinya, bid’ah
tersebut ditimbang dengan kaedah-kaedah syariat Islam. Jika bid’ah tersebut masuk
dalam kaedah wajib, maka itu adalah bid’ah wajib.
Jika masuk dalam kaedah haram,
maka itu bid’ah haram.
Jika masuk dalam kaedah mandub,
maka itu bid’ah mandub.
Jika masuk dalam kedah makruh,
maka itu bid’ah makruh.
Jika masuk dalam kaedah mubah,
maka itu bid’ah mubah.
Contoh bid’ah wajib: pertama,
sibuk mempelajari ilmu Nahwu (gramatikal bahasa Arab) untuk memahami al-Qur’an
dan sabda Rasulullah Saw. Itu wajib karena untuk menjaga syariat itu wajib.
Syariat tidak mungkin dapat dijaga kecuali dengan mengetahui bahasa Arab. Jika
sesuatu tidak sempurna karena ia, maka ia pun ikut menjadi wajib. Contoh kedua,
menghafal gharib (kata-kata asing) dalam al-Qur’an dan Sunnah. Contoh ketiga,
menyusun ilmu Ushul Fiqh. Contoh keempat, pembahasan al-Jarh wa at-Ta’dil
untuk membedakan shahih dan saqim (mengandung penyakit). Kaedah-kaedah
syariat Islam menunjukkan bahwa menjaga syariat Islam itu fardhu kifayah pada
sesuatu yang lebih dari kadar yang tertentu. Penjagaan syariat Islam tidak akan
terwujud kecuali dengan menjaga perkara-perkara di atas.
Contoh bid’ah haram: mazhab
Qadariyyah (tidak percaya kepada takdir), mazhab Jabariyyah (berserah kepada
takdir), mazhab Mujassimah (menyamakan Allah dengan makhluk). Menolak mereka
termasuk perkara wajib.
Contoh bid’ah mandub (anjuran):
membangun prasarana jihad, membangun sekolah dan jembatan. Semua perbuatan baik
yang belum pernah ada pada masa generasi awal Islam. Diantaranya: shalat
Tarawih, pembahasan mendetail tentang Tashawuf. Pembahasan ilmu debat dalam
semua aspek untuk mencari dalil dalam masalah-masalah yang tujuannya untuk
mencari ridha Allah Swt.
Contoh bid’ah makruh: hiasan pada
masjid-masjid. Hiasan pada mush-haf al-Qur’an. Adapun melantunkan al-Qur’an
sehingga lafaznya berubah dari kaedah bahasa Arab, maka itu tergolong bid’ah
haram.
Contoh bid’ah mubah: bersalaman
setelah selesai shalat Shubuh dan ‘Ashar. Menikmati yang nikmat-nikmat;
makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, memakai jubah pakaian kebesaran dan
melebarkan lengan baju. Ulama berbeda pendapat dalam masalah ini, sebagian
ulama menjadikan ini tergolong bid’ah makruh, sebagian lain menjadikannya
tergolong ke dalam perbuatan yang telah dilakukan sejak zaman Rasulullah Saw
dan masa setelahnya, sama seperti isti’adzah (mengucapkan a’udzubillah)
dan basmalah (mengucapkan bismillah) dalam shalat[13].
Imam
an-Nawawi Menyetujui Pembagian Bid’ah Menjadi Lima:
قال
العلماء البدعة خمسة أقسام واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة فمن الواجبة نظم
أدلة المتكلمين للرد على الملاحدة والمبتدعين وشبه ذلك ومن المندوبة تصنيف كتب
العلم وبناء المدارس والربط وغير ذلك ومن المباح التبسط في ألوان الأطعمة وغير ذلك
والحرام والمكروه ظاهران
Para
ulama berpendapat bahwa bid’ah itu terbagi lima: wajib, mandub, haram,
makruh dan mubah.
Contoh
bid’ah wajib: menyusun dalil-dalil ulama ahli Kalam untuk menolak
orang-orang atheis, pelaku bid’ah dan sejenisnya.
Contoh
bid’ah mandub: menyusun kitab-kitab ilmu, membangun sekolah-sekolah,
prasarana jihad dan sebagainya.
Contoh
bid’ah mubah: menikmati berbagai jenis makanan dan lainnya. Sedangkan
contoh bid’ah haram dan makruh sudah jelas[14].
Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani
Menyetujui Pembagian Bid’ah Menjadi Lima:
وقد
تنقسم إلى الأحكام الخمسة
Jika Tidak Dilakukan Nabi, Maka Haram.Benarkah?
Yang selalu dijadikan dalil
mendukung argumen ini adalah kaedah:
الترك يقتضي التحريم
“Perkara yang ditinggalkan/tidak
dilakukanRasulullah Saw, berarti mengandung makna haram”.
Tidak ada satu pun kitab Ushul
Fiqhmaupun kitab Fiqh memuat kaedah seperti ini. Kaedah ini hanya buatan sebagian
orang saja.
Untuk
menguji kekuatan kaedah ini, mari kita lihat beberapa contoh dari hadits-hadits
yang menyebutkan bahwa Rasulullah Saw tidak melakukan suatu perbuatan, namun tidak
selamanya karena perbuatan itu haram, tapi karena beberapa sebab:
Pertama,
karena kebiasaan. Contoh:
عَنْ
خَالِدِ بْنِ الْوَلِيدِ قَالَأُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِضَبٍّ مَشْوِيٍّ فَأَهْوَى إِلَيْهِ لِيَأْكُلَ فَقِيلَ لَهُ إِنَّهُ
ضَبٌّ فَأَمْسَكَ يَدَهُ فَقَالَ خَالِدٌ أَحَرَامٌ هُوَ قَالَ لَا وَلَكِنَّهُ
لَا يَكُونُ بِأَرْضِ قَوْمِي فَأَجِدُنِي أَعَافُهُ فَأَكَلَ خَالِدٌ وَرَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْظُرُ
Dari
Khalid bin al-Walid, ia berkata, “Rasulullah Saw diberi Dhab (biawak
Arab) yang dipanggang untuk dimakan. Lalu dikatakan kepada Rasulullah Saw, “Ini
adalah Dhab”. Rasulullah Saw menahan tangannya.
Khalid
bertanya, “Apakah Dhab haram?”.
Rasulullah
Saw menjawab, “Tidak, tapi karena Dhab tidak ada di negeri kaumku. Maka
aku merasa tidak suka”. Khalid memakan Dhab itu, sedangkan Rasulullah
Saw melihatnya”. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Apakah
karena Rasulullah Saw tidak memakannya maka Dhab menjadi haram!? Dhab
tidak haram. Rasulullah Saw tidak memakannya karena makan Dhab bukan
kebiasaan di negeri tempat tinggal Rasulullah Saw.
Kedua, khawatir
akan memberatkan ummatnya. Contoh:
عَنْ
عَائِشَةَأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي
الْمَسْجِدِ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ
الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ
أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ
فَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ
تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ قَالَ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ
Dari
Aisyah, sesungguhnya Rasulullah Saw shalat di Masjid pada suatu malam, lalu
orang banyak ikut shalat bersama beliau. Pada malam berikutnya orang banyak
mengikuti beliau. Kemudian mereka berkumpul pada malam ketiga atau malam
keempat, Rasulullah Saw tidak keluar rumah. Pada waktu paginya, Rasulullah Saw
berkata, “Aku telah melihat apa yang kalian lakukan. Tidak ada yang mencegahku
untuk keluar rumah menemui kalian, hanya saja aku khawatir ia diwajibkan bagi
kalian”. Itu terjadi di bulan Ramadhan. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Rasulullah Swt tidak ke masjid
setiap malam, apakah perbuatan ke masjid setiap malam itu haram?! Tentu saja
tidak haram.
Mengapa
Rasulullah Saw tidak melakukannya?!
Bukan
karena perbuatan itu haram, tapi karena khawatir memberatkan ummat Islam.
Contoh
lain:
لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ
عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ
“Kalaulah tidak memberatkan bagi ummatku, atau bagi manusia,
pastilah aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali shalat”. (HR.
al-Bukhari).
Ketiga,
tidak terlintas di fikiran Rasulullah Saw. Contoh:
عَنْ جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِأَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا أَجْعَلُ لَكَ
شَيْئًا تَقْعُدُ عَلَيْهِ فَإِنَّ لِي غُلَامًا نَجَّارًا
قَالَ إِنْ شِئْتِ
فَعَمِلَتْ الْمِنْبَرَ
Dari
Jabir bin Abdillah, ada seorang perempuan berkata, “Wahai Rasulullah, sudikah
aku buatkan untuk engkau sesuatu? engkau duduk di atasnya. Sesungguhnya aku
mempunyai seorang hamba sahaya tukang kayu”.
Rasulullah
Saw menjawab, “Jika engkau mau”.
Perempuan
itu membuatkan mimbar. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Rasulullah
Saw tidak membuat mimbar, bukan berarti mimbar itu haram. Tapi karena tidak
terlintas untuk membuat mimbar, sampai perempuan itu menawarkan mimbar. Lalu
apakah karena Rasulullah Saw tidak membuatnya, maka mimbar menjadi haram?!
Tentu saja tidak.
Keempat,
karena Rasulullah Saw lupa. Contoh:
قَالَ
عَبْدُ اللَّهِصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
إِبْرَاهِيمُ لَا أَدْرِي زَادَ أَوْ نَقَصَ فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ يَا
رَسُولَ اللَّهِ أَحَدَثَ فِي الصَّلَاةِ شَيْءٌ قَالَ وَمَا ذَاكَ قَالُوا
صَلَّيْتَ كَذَا وَكَذَا فَثَنَى رِجْلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَسَجَدَ
سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ فَلَمَّا أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ قَالَ إِنَّهُ
لَوْ حَدَثَ فِي الصَّلَاةِ شَيْءٌ لَنَبَّأْتُكُمْ بِهِ وَلَكِنْ إِنَّمَا أَنَا
بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي
Abdullah
bin Mas’ud berkata, “Rasulullah Saw melaksanakan shalat. Ibrahim berkata, ‘Saya
tidak mengetahui apakah rakaat berlebih atau kurang. Ketika shalat telah
selesai. Dikatakan kepada Rasulullah, “Apakah telah terjadi sesuatu dalam
shalat?”.
Rasulullah
Saw kembali bertanya, “Apakah itu?”.
Mereka
menjawab, “Engkau telah melakukan anu dan anu”.
Kemudian
Rasulullah Saw menekuk kedua kakinya dan kembali menghadap kiblat, beliau sujud
dua kali. Kemudian salam. Ketika Rasulullah Saw menghadapkan wajahnya kepada
kami, ia berkata, “Jika terjadi sesuatu dalam shalat, pastilah aku beritahukan
kepada kamu. Tapi aku hanyalah manusia biasa, sama seperti kamu. Aku juga lupa,
sama seperti kamu. Jika aku terlupa, maka ingatkanlah aku”. (HR. al-Bukhari dan
Muslim).
Rasulullah
Saw tidak melakukan, bukan karena haram. Tapi karena beliau lupa.
Kelima,
karena khawatir orang Arab tidak dapat menerima perbuatan Rasulullah Saw.
Contoh:
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَاأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ لَهَا يَا عَائِشَةُ لَوْلَا أَنَّ قَوْمَكِ حَدِيثُ عَهْدٍ
بِجَاهِلِيَّةٍ لَأَمَرْتُ بِالْبَيْتِ فَهُدِمَ فَأَدْخَلْتُ فِيهِ مَا أُخْرِجَ
مِنْهُ وَأَلْزَقْتُهُ بِالْأَرْضِ وَجَعَلْتُ لَهُ بَابَيْنِ بَابًا شَرْقِيًّا وَبَابًا
غَرْبِيًّا فَبَلَغْتُ بِهِ أَسَاسَ إِبْرَاهِيمَ
Dari
Aisyah, sesungguhnya Rasulullah Saw berkata kepada Aisyah, “Wahai Aisyah,
kalaulah bukan karena kaummu baru saja meninggalkan masa jahiliyah, pastilah
aku perintahkan merenofasi Ka’bah. Aku akan masukkan ke dalamnya apa yang telah
dikeluarkan darinya. Aku akan menempelkannya ke tanah. Aku buat dua pintu, satu
di timur dan satu di barat, dengan itu aku sampaikan dasar Ibrahim”. (HR.
al-Bukhari).
Rasululllah
Saw tidak melakukan renofasi itu, bukan berarti haram. Tapi karena tidak ingin
orang-orang Arab berbalik arah, tidak dapat menerima perbuatan Rasulullah Saw,
karena mereka baru saja masuk Islam, hati mereka masih terikat dengan masa
jahiliyah.
Keenam,
karena termasuk dalam makna ayat yang bersifat umum,
وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Dan perbuatlah
kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan”.
(Qs. al-Hajj [22]: 77).
Rasulullah
Saw tidak melakukannya, bukan berarti haram. Tapi masuk dalam kategori kebaikan
yang bersifat umum. Jika perbuatan itu sesuai Sunnah, maka bid’ah hasanah.
Jika bertentangan dengan Sunnah, maka bid’ah dhalalah.
“Jika
Tidak Dilakukan Rasulullah Saw, Maka Haram”. Adakah Kaedah Ini?
Inilah
yang dijadikan kaedah membuat orang mengharamkan yang tidak haram. Membid’ahkan
yang tidak bid’ah.
Adakah
kaedah seperti ini dalam Ilmu Ushul Fiqh?
Pertama, kaedah
haram ada tiga:
a. Nahy
(larangan/kalimat langsung), contoh: [وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا] “Dan janganlah
kamu mendekati zina”. (Qs.
al-Isra’ [17]: 32).
b. Nafy
(larangan/kalimat tidak langsung), contoh: [وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ] “dan janganlah
menggunjingkan satu sama lain”.
(Qs. al-Hujurat [49]: 12).
c. Wa’id
(ancaman keras), contoh: [وَمَنْ
غَشَّنَا فَلَيْسَ مِنَّا] “Siapa yang menipu kami, maka bukanlah bagian dari golongan
kami”. (HR. Muslim).
Sedangkan
at-Tark (perbuatan yang ditinggalkan/tidak dilakukan Rasulullah Saw),
tidak satu pun ahli Ushul Fiqh menggolongkannya ke dalam kaedah haram.
Kedua, yang
diperintahkan Rasulullah Saw, lakukanlah. Yang dilarang Rasulullah Saw,
tinggalkanlah. Ini berdasarkan ayat, [وَمَا آَتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا
نَهَاكُمْ عَنْهُفَانْتَهُوا ]
“Apa yang
diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka
tinggalkanlah”. (Qs.
al-Hasyr [59]: 7).
Tidak
ada kaedah tambahan, “Yang ditinggalkan Rasulullah Saw, maka haram”.
Ketiga, “Yang
aku perintahkan, laksanakanlah. Yang aku larang, tinggalkanlah”.
Ini
berdasarkan hadits riwayat Ibnu Majah, [مَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَخُذُوهُ وَمَا
نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا ].
Tidak
ada kalimat tambahan, “Yang tidak aku lakukan, haramkanlah!”.
Keempat,
ulama Ushul Fiqh mendefinisikan Sunnah adalah:
السنة
عند الأصوليين ما صدر عن النبي صلى الله عليه وسلم غير القرآن من قول أو فعل أو
تقرير ، مما يصلح أن يكون دليلاً على حكم شرعي .
Sunnah
menurut para ahli Ushul Fiqh adalah: ucapan, perbuatan dan ketetapan yang
berasal dari Rasulullah Saw, layak dijadikan sebagai dalil hukum syar’i.
Hanya
ada tiga: Qaul (Ucapan), fi’l (Perbuatan) dan Taqrir
(Ketetapan).
Tidak
ada disebutkan at-Tark (perkara yang ditinggalkan/tidak dilakukan
Rasulullah Saw). Maka at-Tark tidak termasuk dalil penetapan hukum
syar’i.
Kelima, at-Tark
(perkara yang ditinggalkan/tidak dilakukan Rasulullah Saw)
tidak
selamanya mengandung makna larangan, tapi mengandung multi makna.
Dalam
kaedah Ushul Fiqh dinyatakan: [أن
ما دخله الإحتمال سقط به الاستدلال]
Jika
dalil itu mengandung ihtimal (banyak kemungkinan/ketidakpastian), maka
tidak layak dijadikan sebagai dalil.
Keenam, at-Tark
(perkara yang ditinggalkan/tidak dilakukan Rasulullah Saw), itu adalah asal.
Hukum asalnya tidak ada suatu perbuatan pun. Sedangkan perbuatan itu datang
belakangan. Maka at-Tark tidak dapat disebut bisa menetapkan hukum
haram. Karena banyak sekali perkara mandub (anjuran) dan perkara mubah
(boleh) yang tidak pernah dilakukan Rasulullah Saw. Jika dikatakan bahwa semua
yang tidak dilakukan Rasulullah Saw itu mengandung hukum haram, maka
terhentilah kehidupan kaum muslimin.
Jalan
keluarnya, Rasulullah Saw bersabda,
ما أحل الله في
كتابه فهو حلال وما حرم فهو حرام وما سكت عنه فهو عفو فاقبلوا من الله عافيته فان
الله لم يكن ينسى شيئا ثم تلا هذه الآية وما كان ربك نسيا
“Apa
yang dihalalkan Allah dalam kitab-Nya, maka itu halal. Apa yang Ia haramkan,
maka itu haram. Apa yang didiamkan (tidak disebutkan), maka itu adalah kebaikan
Allah. Maka terimalah kebaikan-Nya. Sesungguhnya Allah tidak pernah lupa
terhadap sesuatu”. Kemudian Rasulullah Saw membacakan ayat, “dan tidaklah
Tuhanmu lupa.”.
(Qs. Maryam [19]: 64).[16]
Komentar
al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani terhadap hadits ini,
أخرجه البزار وقال سنده صالح وصححه الحاكم
Disebutkan
oleh Imam al-Bazzar dalam kitabnya, ia berkata, “Sanadnya shalih”.
Dinyatakan shahih oleh Imam al-Hakim[17].
Ini menunjukkan bahwa yang tidak
disebutkan Allah Swt dan tidak dilakukan Rasulullah Saw bukan berarti
mengandung makna haram, tapi mengandung makna boleh, hingga ada dalil lain yang
mengharamkannya. Dengan demikian, maka batallah kaedah:
الترك يقتضي التحريم
“at-Tark: perkara yang
ditinggalkan/tidak dilakukan Rasulullah Saw, berarti mengandung makna haram”.
Baca
dan fikirkan baik-baik!
Oleh
sebab itu banyak sekali perbuatan-perbuatan yang tidak dilakukan Rasulullah
Saw, tapi dilakukan shahabat, dan Rasulullah Saw tidak melarangnya, bahkan
memujinya. Berikut contoh-contohnya:
Rasulullah
Saw Membenarkan Perbuatan Shahabat,
Padahal
Rasulullah Saw Tidak Pernah Melakukannya.
Ada
beberapa perbuatan yang tidak pernah dilakukan Rasulullah Saw, tidak pernah
beliau ucapkan dan tidak pernah beliau ajarkan. Tapi dilakukan oleh shahabat,
Rasulullah Saw membenarkannya. Diantaranya adalah:
Shalat
Dua Rakaat Setelah Wudhu’.
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ لِبِلَالٍ عِنْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ يَا بِلَالُ حَدِّثْنِي
بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ
بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي
لَمْ أَتَطَهَّرْ طَهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلَّا صَلَّيْتُ
بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ
Dari
Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah Saw berkata kepada Bilal pada shalat
Shubuh, “Wahai Bilal, ceritakanlah kepadaku tentang amal yang paling engkau
harapkan yang telah engkau amalkan dalam Islam? Karena aku mendengar suara
gesekan sandalmu di depanku di dalam surga”.
Bilal
menjawab, “Aku tidak pernah melakukan amal yang paling aku harapkan, hanya saja
aku tidak pernah bersuci (wudhu’) dalam satu saat di waktu malam atau siang,
melainkan aku shalat dengan itu (shalat sunnat Wudhu’), shalat yang telah
ditetapkan bagiku”. (HR. al-Bukhari).
Apakah
Rasulullah Saw pernah melaksanakan shalat sunnat setelah wudhu’? tentu tidak
pernah, karena tidak ada hadits menyebut Rasulullah Saw pernah melakukan,
mengucapkan atau mengajarkan shalat sunnat dua rakaat setelah wudhu’. Jika
demikian maka shalat sunnat setelah wudhu’ itu bid’ah, karena Rasulullah Saw
tidak pernah melakukannya. Ini menunjukkan bahwa shalat sunnat dua rakaat
setelah wudhu’ itu bid’ah hasanah.
Jika
ada yang mengatakan bahwa ini sunnah taqririyyah, memang benar. Tapi ia
menjadi sunnah taqririyyah setelah Rasulullah Saw membenarkannya.
Sebelum Rasulullah Saw membenarkannya, ia tetaplah bid’ah, amal yang
dibuat-buat oleh Bilal. Mengapa Bilal tidak merasa berat melakukannya? Mengapa
Bilal tidak mengkonsultasikannya kepada Rasulullah Saw sebelum melakukanya?
Andai Rasulullah Saw tidak bertanya kepada Bilal, tentulah Bilal melakukannya
seumur hidupnya tanpa mengetahui apa pendapat Rasulullah Saw tentang shalat dua
rakaat setelah wudhu’ itu. Maka jelaslah bahwa shalat setelah wudhu’ itu bid’ah
hasanah sebelum diakui Rasulullah Saw. Setelah mendapatkan pengakuan
Rasulullah Saw, maka ia berubah menjadi sunnahtaqririyyah. Fahamilah
dengan baik!
Shalat
Dua Rakaat Sebelum Dibunuh.
عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَبَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشَرَةً عَيْنًا وَأَمَّرَ عَلَيْهِمْ عَاصِمَ بْنَ
ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ جَدَّ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ حَتَّى إِذَا
كَانُوا بِالْهَدَةِ بَيْنَ عَسْفَانَ وَمَكَّةَ ذُكِرُوا لِحَيٍّ مِنْ هُذَيْلٍ
يُقَالُ لَهُمْ بَنُو لِحْيَانَ فَنَفَرُوا لَهُمْ بِقَرِيبٍ مِنْ مِائَةِ رَجُلٍ
رَامٍ فَاقْتَصُّوا آثَارَهُمْ حَتَّى وَجَدُوا مَأْكَلَهُمْ التَّمْرَ فِي
مَنْزِلٍ نَزَلُوهُ فَقَالُوا تَمْرُ يَثْرِبَ فَاتَّبَعُوا آثَارَهُمْ فَلَمَّا
حَسَّ بِهِمْ عَاصِمٌ وَأَصْحَابُهُ لَجَئُوا إِلَى مَوْضِعٍ فَأَحَاطَ بِهِمْ
الْقَوْمُ فَقَالُوا لَهُمْ انْزِلُوا فَأَعْطُوا بِأَيْدِيكُمْ وَلَكُمْ
الْعَهْدُ وَالْمِيثَاقُ أَنْ لَا نَقْتُلَ مِنْكُمْ أَحَدًا فَقَالَ عَاصِمُ بْنُ
ثَابِتٍ أَيُّهَا الْقَوْمُ أَمَّا أَنَا فَلَا أَنْزِلُ فِي ذِمَّةِ كَافِرٍ
ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ أَخْبِرْ عَنَّا نَبِيَّكَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَرَمَوْهُمْ بِالنَّبْلِ فَقَتَلُوا عَاصِمًا وَنَزَلَ إِلَيْهِمْ
ثَلَاثَةُ نَفَرٍ عَلَى الْعَهْدِ وَالْمِيثَاقِ مِنْهُمْ خُبَيْبٌ وَزَيْدُ بْنُ
الدَّثِنَةِ وَرَجُلٌ آخَرُ فَلَمَّا اسْتَمْكَنُوا مِنْهُمْ أَطْلَقُوا أَوْتَارَ
قِسِيِّهِمْ فَرَبَطُوهُمْ بِهَا قَالَ الرَّجُلُ الثَّالِثُ هَذَا أَوَّلُ
الْغَدْرِ وَاللَّهِ لَا أَصْحَبُكُمْ إِنَّ لِي بِهَؤُلَاءِ أُسْوَةً يُرِيدُ
الْقَتْلَى فَجَرَّرُوهُ وَعَالَجُوهُ فَأَبَى أَنْ يَصْحَبَهُمْ فَانْطُلِقَ
بِخُبَيْبٍ وَزَيْدِ بْنِ الدَّثِنَةِ حَتَّى بَاعُوهُمَا بَعْدَ وَقْعَةِ بَدْرٍ
فَابْتَاعَ بَنُو الْحَارِثِ بْنِ عَامِرِ بْنِ نَوْفَلٍ خُبَيْبًا وَكَانَ
خُبَيْبٌ هُوَ قَتَلَ الْحَارِثَ بْنَ عَامِرٍ يَوْمَ بَدْرٍ فَلَبِثَ خُبَيْبٌ
عِنْدَهُمْ أَسِيرًا حَتَّى أَجْمَعُوا قَتْلَهُ فَاسْتَعَارَ مِنْ بَعْضِ بَنَاتِ
الْحَارِثِ مُوسًى يَسْتَحِدُّ بِهَا فَأَعَارَتْهُ فَدَرَجَ بُنَيٌّ لَهَا وَهِيَ
غَافِلَةٌ حَتَّى أَتَاهُ فَوَجَدَتْهُ مُجْلِسَهُ عَلَى فَخِذِهِ وَالْمُوسَى
بِيَدِهِ قَالَتْ فَفَزِعْتُ فَزْعَةً عَرَفَهَا خُبَيْبٌ فَقَالَ أَتَخْشَيْنَ
أَنْ أَقْتُلَهُ مَا كُنْتُ لِأَفْعَلَ ذَلِكَ قَالَتْ وَاللَّهِ مَا رَأَيْتُ
أَسِيرًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ خُبَيْبٍ وَاللَّهِ لَقَدْ وَجَدْتُهُ يَوْمًا
يَأْكُلُ قِطْفًا مِنْ عِنَبٍ فِي يَدِهِ وَإِنَّهُ لَمُوثَقٌ بِالْحَدِيدِ وَمَا
بِمَكَّةَ مِنْ ثَمَرَةٍ وَكَانَتْ تَقُولُ إِنَّهُ لَرِزْقٌ رَزَقَهُ اللَّهُ
خُبَيْبًا فَلَمَّا خَرَجُوا بِهِ مِنْ الْحَرَمِ لِيَقْتُلُوهُ فِي الْحِلِّ
قَالَ لَهُمْ خُبَيْبٌ دَعُونِي أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فَتَرَكُوهُ فَرَكَعَ
رَكْعَتَيْنِ فَقَالَ وَاللَّهِ لَوْلَا أَنْ تَحْسِبُوا أَنَّ مَا بِي جَزَعٌ
لَزِدْتُ ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ أَحْصِهِمْ عَدَدًا وَاقْتُلْهُمْ بَدَدًا وَلَا
تُبْقِ مِنْهُمْ أَحَدًا ثُمَّ أَنْشَأَ يَقُولُ فَلَسْتُ أُبَالِي حِينَ أُقْتَلُ
مُسْلِمًا
عَلَى
أَيِّ جَنْبٍ كَانَ لِلَّهِ مَصْرَعِي
وَذَلِكَ
فِي ذَاتِ الْإِلَهِ وَإِنْ يَشَأْ
يُبَارِكْ
عَلَى أَوْصَالِ شِلْوٍ مُمَزَّعِ
ثُمَّ قَامَ
إِلَيْهِ أَبُو سِرْوَعَةَ عُقْبَةُ بْنُ الْحَارِثِ فَقَتَلَهُ وَكَانَ خُبَيْبٌ
هُوَ سَنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ قُتِلَ صَبْرًا الصَّلَاةَ
Dari
Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah Saw mengutus utusan sebanyak sepuluh
orang. Mereka dipimpin ‘Ashim bin Tsabit al-Anshari kakek ‘Ashim bin Umar bin
al-Khaththab. Ketika mereka berada di al-Hadah lokasi antara ‘Asafan dan
Makkah. Berita kedatangan mereka disampaikan ke satu kawasan dari Hudzail
bernama Bani Lihyan, lalu dipersiapkan untuk menghadapi mereka hampir seratus
orang pemanah. Pasukan musuh mengikuti jejak pasukan kaum muslimin hingga
pasukan musuh mendapati makanan pasukan kaum muslimin yaitu kurma di tempat
yang mereka diami. Pasukan musuh berkata, “Ini kurma Yatsrib (Madinah)”.
Pasukan musuh terus mengikuti jejak pasukan kaum muslimin. Ketika ‘Ashim dan
para sahabatnya merasa bahwa mereka diikuti, mereka pun singgah di suatu
tempat. Pasukan musuh mengelilingi mereka dan berkata, “Turunlah kalian,
serahkan diri kalian. Bagian kalian perjanjian. Kami tidak akan membunuh
seorang pun dari kalian”. ‘Ashim bin Tsabit berkata, “Wahai sahabat, aku tidak
akan turun ke dalam perlindungan orang kafir. Ya Allah, beritahukan nabi-Mu
tentang kami”. Pasukan musuh memanah pasukan kaum muslimin, mereka berhasil
membunuh ‘Ashim. Tiga orang turun berdasarkan perjanjian, diantara mereka
adalah Khubaib, Zaid bin ad-Datsinah dan seorang laki-laki. Ketika pasukan
musuh dapat menguasai mereka, pasukan musuh melepaskan tali busur panah mereka
dan mengikat pasukan kaum muslimin. Laki-laki yang ketiga itu berkata, “Demi
Allah, inilah tipuan pertama, aku tidak akan bersama dengan kamu. Sesungguhnya
aku suri tauladan bagi mereka”, yang ia maksudkan adalah dalam hal pembunuhan.
Pasukan musuh terus menyeret dan mengajaknya, tapi ia tetap menolak untuk ikut
bersama mereka. Lalu Khubaib dan Zaid bin ad-Datsinah dibawa hingga pasukan
musuh menjual mereka berdua setelah perang Badar. Bani al-Harits bin ‘Amir bin
Naufal membeli Khubaib. Khubaib adalah orang yang membunuh al-Harits bin ‘Amir
pada perang Badar. Khubaib menetap di negeri mereka sebagai tawanan hingga
mereka berkumpul untuk membunuhnya. Khubaib meminjam pisau silet kepada salah
seorang perempuan dari anak perempuan al-Harits, perempuan itu meminjamkannya.
Perempuan itu memiliki seorang anak laki-laki, ketika perempuan itu lengah,
anak laki-lakinya datang kepada Khubaib. Perempuan itu mendapati anak
laki-lakinya berada di atas pangkuan Khubaib sedangkan pisau silet berada di
tangan Khubaib. Perempuan itu berkata, “Aku sangat terkejut”. Khubaib menyadari
hal itu, ia berkata, “Apakah engkau khawatir aku membunuhnya? Aku tidak mungkin
melakukan itu”. Perempuan itu berkata, “Demi Allah aku tidak pernah melihat
seorang tawanan sebain Khubaib. Demi Allah, suatu hari aku dapati Khubaib
memakan setangkai anggur di tangannya, padahal ia terikat dengan besi,
sedangkan di Makkah tidak ada buah-buahan. Itulah adalah rezeki yang diberikan
Allah Swt kepada Khubaib”.
Ketika
pasukan musuh membawa Khubaib keluar untuk dibunuh di tanah halal (luar tanah
haram). Khubab berkata kepada mereka, “Biarkanlah aku melaksanakan shalat
dua rakaat”. Mereka pun membiarkannya. Lalu Khubaib melaksanakan shalat dua
rakaat. Khubab berkata, “Demi Allah, andai kalian tidak menyangka bahwa aku
berkeluh-kesah, pastilah aku tambah (jumlah rakaat)”. Kemudian Khubaib berkata,
“Ya Allah, hitunglah jumlah mereka, bunuhlah mereka segera, jangan sisakan
seorang pun dari mereka”. Kemudian Khubaib bersyair:
Aku
tidak peduli ketika aku terbunuh sebagai muslim
Di
sisi apa pun bagi Allah kematianku
Itu
semua pada Tuhan yang satu jika Ia berkehendak
Allah
memberikan berkah pada setiap bagian tubuh yang terputus
Lalu
Abu Sirwa’ah ‘Uqbah bin al-Harits tegak berdiri membunuh Khubaib.
Khubaib
adalah orang pertama yang men-sunnah-kan shalat (sunnat) bagi setiap
muslim yang terbunuh dalam keadaan sabar. (HR. al-Bukhari).
Rasulullah
Saw tidak pernah mengajarkan, “Hai orang-orang beriman, jika kamu akan dibunuh,
shalat sunnatlah dua rakaat”. Shalat sunnat dua rakaat ini murni inisiatif dari
Khubaib. Maka Khubaib melakukan perbuatan yang tidak dilakukan, tidak diucapkan
dan tidak diajarkan Rasulullah Saw. Masuk kategori bid’ah, tapi bid’ah
hasanah. Setelah disampaikan kepada Rasulullah Saw, diakui beliau, barulah
ia menjadi sunnah taqririyyah.
[1]Imam
Ibrahim bin Musa bin Muhammad al-Lakhmi al-Gharnathi (Granada-Spanyol). Populer
dengan nama Imam asy-Syathibi. Ahli Ushul Fiqh, dari kalangan Mazhab Maliki.
Diantara kitab karya beliau adalah: al-Muwafaqat dan al-I’tisham
(dalam bidang Ushul Fiqh), al-Majalis (Syarh kitab al-Buyu’ dari Shahih
al-Bukhari), al-Ifadat wa al-Insyadat (dalam bidang sastra Arab), Ushul
an-Nahwi (dalam bidang gramatikal bahasa Arab).
[2]Imam
asy-Syathibi, al-I’tisham, juz.I, hal.21.
[3]Abu
Muhammad ‘Izzuddin Abdul Aziz bin Abdissalam bin Abi al-Qasim bin al-Hasan
as-Sullami ad-Dimasyqi. Bergelar Sulthan al-‘Ulama’. Wafat tahun 660H.
[4]Imam
‘Izzuddin bin Abdissalam, Qawa’id al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, juz.II
(Beirut: Dar al-Ma’arif), 172.
[5]Imam
an-Nawawi, al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin al-Hajjaj, juz.VI (Beirut:
Dar Ihya’ at-Turats al-‘Araby, 1392H), hal.155.
[6]Al-Hafizh
Ibnu Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, juz.XIII,
(Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1379H), hal.253.
[11]Imam
an-Nawawi, al-Minhaj Syarh Shahih Muslim bin al-Hajjaj, juz.VII (Beirut:
Dar Ihya’ at-Turats al-‘Araby, 1392H), hal.104
[13]Imam
‘Izzuddin bin Abdissalam, Qawa’id al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, juz.II
(Beirut: Dar al-Ma’arif), 172-174.
[14]Imam
an-Nawawi, op. cit., juz.VI, hal.155.
[16]Lihat
selengkapnya dalam kitab Itqan ash-Shun’ah fi Tahqiq Ma’na al-Bid’ah
karya Ahli Hadits Maroko Syekh Abdullah bin ash-Shiddiq al-Ghumari.
[17]Al-Hafizh
Ibnu Hajar al-‘Asqalani, op. cit., Juz.XIII, hal.266.